Jumat, 16 Desember 2011

Mengenal Penyakit Jantung Rematik

Penyakit jantung masih menjadi ancaman bagi setiap orang, tak heran jika penyakit ini begitu banyak ditakuti oleh masyarakan indonesia maupun dunia. Penyakit jantung terdiri dari berbagai macam. Namun salah satu bentuk penyakit yang paling serius dari penyakit jantung masa kanak-kanak dan remaja adalah penyakit jantung rematik. Setidaknya dengan mengenal penyakit jantung sedari dini, anda bisa memperoleh informasi penting untuk langkah pencegahan serta pengobatan penyakit jantung rematik.

Mengenal Penyakit Jantung Rematik (PJR)

Penyakit jantung rematik, yang dalam istilah medisnya Rheumatic Heart Disease merupakan suatu kondisi jantung yang mengalami kerusakan pada katup jantung dan selaputnya berupa penyempitan, perlengketan, dan kebocoran katup mitral, yang disebabkan gejala sisa ketika terserang demam rematik.  Gejala penyakit jantung ini ditandai dengan demam rematik. Adapun demam rematik itu sendiri merupakan demam yang terjadi karena terinfeksi kuman Streptococcus beta hemolyticus group A pada saluran pernapasan bagian atas.

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Rematik

Beberapa tanda atau gejala awal penyakit jantung rematik pada umumnya adalah sebagai berikut :

  • Terjadinya demam yang disebabkan oleh infeksi tenggorokan. Sehingga penderita merasa sakit ketika menelan, tenggorokan atas menjadi merah, sakit kepala, dan demam hingga 101-104 derajat Fahrenheit.
  • Pada anak-anak, sering terjadi sakit perut yang disertai dengan mual dan muntah.
  • Demam yang sudah akut akan menyebabkan persendian membengkak dan merah, nyeri sendi yang berpindah ke persendian lainnya.
  • Bercak kemerahan di kulit yang berbatas, gerakan tangan yang tak beraturan dan tak terkendali (korea), atau benjolan kecil-kecil dibawah kulit.
  • Tanda pada jantungnya sendiri, jantung terasa berdebar-debar, nyeri pada bagian dada, sesak napas (yang disebabkan jantungnya sudah mengalami gangguan), dan merasa gampang kelelahan.

Setelah mengenal tanda dan gejala yang tampak secara langsung dari fisik penderita penyakit jantung koroner, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk melakukan beberapa macam pemeriksaan laboratorium. Bentuk pemeriksaan yang paling akurat adalah dengan dilakukannya echocardiografi untuk melihat kondisi katup-katup jantung dan otot jantung.

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Jantung Rematik

 

3 komentar:

  1. artikel yang bermanfaat..
    kunjungi juga web yang bermanfaat,,

    BalasHapus
  2. wah infonya bermanfaat sekali,,,
    makasih buat infonya ini ,,,
    jelly gamat , memang obat pilihan yang terbaik dan ampuh .

    BalasHapus
  3. jelly gamat the best ,,,
    pilihan yang terbaik percayakan pada yang ahliny jelly gamat

    BalasHapus