Rabu, 14 Desember 2011

Ciri-ciri Asma Pada Anak

Sebagai orang tua, diharuskan untuk mengenali berbagai macam keluhan yang dialami oleh anaknya. Salah satunya adalah keluhan sesak nafas dan batuk atau rewel yang berkepanjangan. Salah satu penyakit yang mungkin timbul adalah adanya penyakit asma. Dengan mengenali ciri-ciri asma pada anak, setidaknya dapat membantu anda untuk menanggulangi penyakit asma sedari dini. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi dampak negatif dari penyakit asma yang semakin parah dan akhirnya tidak tertangani dengan cepat.

Asma adalah kondisi yang disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan kecil (bronchi). Penyakit asma pada anak bisa terjadi karena faktor lingkungan ataupun keturunan. Oleh karena itu, orangtua harus waspada dan rajin mengamati kondisi si anak.

Ciri-ciri asma pada anak :

Berdasarkan artikel yang saya ambil dari berbagai macam sumber, berikut ini sejumlah gambaran bagi anda untuk mengenali ciri-ciri penyakit asma pada anak.

  • Batuk atau mengi pada malam hari atau bisa juga terjadi pada musiman. Setelah selesai aktivitas batuk akan menghilang sendiri dengan atau tanpa obat.
    Batuk asma pada anak mempunyai ciri lain, yakni lebih berat pada malam atau dini hari dan saat bangun tidur. Terkadang perbedaan intensitas batuk antara siang dan malam hari demikian ekstrem. Pada siang hari tidak ada gejala batuk sama sekali, sedangkan pada malam hari batuk demikian hebat. Pada bayi dan anak balita, batuk hebat ini terkadang diikuti dengan muntah berisi lendir.

  • Ada riwayat alergi baik pada pasien atau keluarga.
    Sebagian besar asma didasari faktor alergi. Jadi, asma merupakan salah satu bentuk penyakit alergi. Dalam riwayat keluarga, biasanya dijumpai anggota keluarga yang mempunyai asma, atau bentuk lain penyakit alergi seperti eksim, alergi obat, alergi makanan, atau pilek alergi.

Tak hanya ciri-cirinya, tetapi penyebab asma juga perlu diketahui.

  • Asma bisa juga karena adanya kelainan pada saluran pernafasan seperti halnya otot saluran nafas mengkerut, saluran lendir menebal atau bengkak dan lendir lebih banyak yang kental dan lengket.
  • Anak yang terkena asma biasanya sesak nafas dan nafasnya cepat. Sakit di bagian dada dan biru disekitar mulut serta susah berkata-kata.

Untuk menghindari penyakit asma pada anak, alangkah baiknya anda juga mengetahui berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asma pada anak. Diantaranya adalah :

  1. Menghindari makanan makanan dan minuman dingin seperti es, permen, cokelat
  2. Makanan instan gurih dengan bahan pengawet, bervetsin, MSG, gorengan, kacang tanah.
  3. Asma juga bisa dipicu flu, kelelahan, stres, emosi berlebihan, perubahan cuaca, infeksi saluran napas akut, dan hawa dingin.
  4. Menghindari anak dari debu, binatang, kapuk, dan asap rokok serta obat nyamuk.

Itulah sejumlah gambaran untuk ciri-ciri asma pada anak.

Banyak diantara para orang tua yang juga masih belum memahami betul adanya keluhan penyakit asma serta penanganannya. Sering kali penanganannya disamakan dengan orang dewasa, padahal untuk penyakit yang sama gejala yang menonjol bisa berbeda antara pasien anak dan dewasa. Sehingga hal inilah yang mengakibatkan penyakit asma pada anak tidak terdiagnosis dengan baik.

“Penyakit asma pada anak 80 persen bisa disembuhkan asal ditangani dengan cepat,”. Bagi anda yang saat ini ingin menanggulangi permasalahan asma pada anak, tetapi takut akan efek samping yang timbul nantinya. Kini telah tersedia solusi terbaik yang aman serta tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh yaitu dengan obat asma tradisional jelly gamat gold g. Untuk informasi lebih lengkap, klik >> obat asma tradisional.

Artikel terkait : obat alami diabetes mellitus

1 komentar: