Kamis, 10 November 2011

Perbedaan Asam Urat dan Rematik

Adanya kesamaan gejala nyeri saat mengalami rematik maupun asam urat sering kali orang menganggap jika keduanya adalah jenis penyakit yang sama. Namun pada kenyataanya, meskipun asam urat termasuk jenis rematik tetapi orang yang mengalami rematik belum tentu terkena asam urat. Masih bingung?? Simak ulasan berikut mengenai perbedaan asam urat dan rematik.

Penyakit asam urat timbul akibat meningkatnya kandungan asam urat (urate acid) dalam darah sehingga kadarnya melebihi normal. Asam urat sendiri terbentuk dari senyawa purin, yaitu senyawa pecahan dari asam nukleat (bahan dasar protein inti sel). Akibatnya, jumlah asam urat yang berlebih didalam tubuh mengendap dan menjadi kristal di dalam sendi, sehingga timbullah beragam reaksi, mulai dari radang sendi hingga gagal ginjal.

Sedangkan rematik disebabkan oleh hal yang sangat berbeda, yaitu kerapuhan tulang. Diperkirakan ada lebih dari 90 penyebab penyakit rematik yang salah satunya adalah akibat penumpukan asam urat berlebih di dalam tubuh, jarang berolahraga, terlalu capek atau melakukan sesuatu secara berlebihan.

Prof Handono menuturkan ada 5 jenis rematik yang umum dijumpai oleh masyarakat yaitu:

  • Rematik yang dijumpai sehari-hari seperti nyeri di bahu, pinggang atau leher
  • Rematik yang terjadi pada orang tua yang kebanyakan akibat pengapuran sendi
  • Rematik yang disebabkan oleh asma urat (gout)
  • Rematik yang terjadi karena adanya infeksi
  • Rematik yang disebabkan oleh autoimun dan termasuk jenis yang paling berat dan bahaya yaitu artritis reumatoid

Untuk mengetahui apakah rasa nyeri atau ngilu di sendi akibat asam urat atau tidak biasanya dengan melakukan pemeriksaan laboratorium dengan mengukur kadar asam urat dalam darahnya.

Tapi, apakah rematik disebabkan asam urat? Faktanya, hanya sekitar 10 persen saja pengidap rematik yang asam uratnya tinggi. Banyak pasien yang asam urat tinggi justru tidak mengalami rematik. Asam urat dalam darah yang tinggi belum tentu akan menyebabkan rematik. “Penyakit rematik akan terjadi bila asam urat terkumpul dalam sendi dan membentuk endapan kristal monosodium urat.

Secara alamiah, kadar asam urat pada wanita memang lebih rendah dibanding pada pria. Penyebabnya karena hormon estrogen dalam tubuh wanita ikut membuang asam urat yang berlebih lewat urine. Kadar asam urat normal pada pria adalah 2,1 – 8,5 mg/dl, sedangkan pada wanita 2,0 – 6,6 mg/dl.

Pada wanita, penyakit ini umumnya baru timbul setelah memasuki menopause, karena pada saat itu hormon estrogen berhenti diproduksi oleh tubuh. Tapi, saat ini makin banyak penderita asam urat adalah wanita usia muda. Kenapa bisa begitu? Penyebabnya bisa jadi adanya ketidakseimbangan hormon reproduksi, atau karena memang punya ‘bakat’ penyakit asam urat.

Orang yang mengalami asam urat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti dalam melinjo serta jeroan hewan. Hal ini karena asam urat merupakan hasil dari proses metabolisme zat purin yang berasal dari makanan. Jika seseorang mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi maka secara otomatis kadar asam urat di dalam tubuhnya juga meningkat.

Salah satu poin penting yang harus dihindari oleh kedua penyakit tersebut yaitu harus menghindari makanan yang tinggi kadar purinnya. Kini bagi anda yang ingin hidup sehat dan terhindar dari penyakit asam urat maupun rematik telah hadir solusinya yang ampuh juga aman yaitu dengan mengkonsumsi obat asam urat tradisional jelly gamat gold g. Mengapa demikian?? Simak alasan berikut ini mengapa obat asam urat tradisional dengan jelly gamat gold g mampu mengatasi asam urat maupun rematik.

Solusi Asam Urat dan Rematik

Di Pulau Langkawi, Malaysia, teripang sohor sebagai obat nyeri sendi akibat asam urat. Kepada Trubus, ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengatakan teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin.

Kondritin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi. Sedangkan glukosaminoglikan merupakan zat antithrombogenik pelancar peredaran darah yang menggumpal. Pada penderita asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit.

Riset Dr Mittchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menunjukkan teripang berkhasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian. Menurut dr Zen Djaja MD, dokter di Malang, Jawa Timur, satwa anggota famili Holothuriidae itu mengandung asam lemak 12-MTA alias metthyltetradecanoic acid.
Asam itu ampuh menghadang enzim 5-Lox atau populer sebagai lipoksigenase, enzim yang mengoksidasi lemak tak jenuh menjadi peroksida. Menurut dokter alumnus Universitas Katolik Atmajaya itu kolagen dalam teripang mengaktifk an enzim urikase sehingga lebih aktif memecah asam urat menjadi allantoin. Dengan demikian asam urat tidak menumpuk dan menimbulkan radang sendi. (trubus,Jumat, Oktober 10, 2008 07:14:12 )
Info pemesanan klik disini

Li Z, Wang H dan Zhang G dari Shanghai Institute of Hematology, Shanghai Second Medical University, China mengungkap teripang antipenggumpalan dan pembekuan darah. Itu lantaran adanya senyawa glikosaminoglikan. Pada konsentrasi 5 mikrogram/ml, glukosaminoglikan mampu menyembuhkan stroke iskemik otak dan penyakit jantung iskemik. Kinerjanya dengan menghambat aktivitas pembekuan darah melalui penghambatan monomer fibrin dan meningkatkan aktivitas plasmin. Plasmin, enzim pengurai protein plasma darah yang menurunkan kekentalan darah. Itu terjadi saat pelukaan sehingga darah membeku.

Teripang juga memperkokoh tulang dan sendi. Kandungan kondroitin sulfat mencegah pengeroposan sendi pembuat radang. Senyawa itu memperbaiki dan membangun kembali tulang rawan, pembentuk sendi yang terkikis akibat kecelakaan, benturan, dan kelebihan bobot badan tanpa efek samping. Itu sebabnya pemerintah Australia dan Selandia Baru mengizinkan penggunaan teripang sebagai penyembuh radang sendi dibanding obat-obatan kimia.

Tulang kuat karena ketersediaan kolagen dalam tubuh memadai. Menurut Prof Dr Ridzwan Hashim teripang mengandung 86% protein yang mudah diuraikan enzim pepsin. Dari jumlah itu sekitar 80% berupa kolagen. Itu sebagai pengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan sendi. Dalam pertumbuhan tulang, suplemen kalsium saja tidak cukup lantaran tulang terdiri dari kalsium fosfat dan kolagen sebagai pengisi. Tanpa kolagen tulang menjadi rapuh dan mudah pecah. Sebaliknya bila tanpa kalsium, tulang akan kenyal seperti karet. Selain merawat tulang dan sendi, kolagen bersama keratin bertanggungjawab terhadap kekenyalan kulit.

Untuk informasi pemesanan obat alami asam urat jelly gamat gold g, klik cara pemesanan jelly gamat gold g

21 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya. mampir juga ke blog ane: Agen xamthone plus bandung

    BalasHapus
  2. ternyata beda ya,,tapi obatnya sama-sama jelly gamat,,jelly gamat memang satu untuk semua dech...

    BalasHapus
  3. gx cuman asam urat saja yg bisa d sembuhkan jelly gamat,tpi rematik juga bisa d smbuhkan dengan jelly gamat,,

    BalasHapus
  4. jelly gamat sangat banyak manfaatnya,,remtik pun bisa d obati,,

    BalasHapus
  5. sangat mujarab bgi semua pnyakit,,sungguh hebaat jelly gamat..

    BalasHapus
  6. jelly gamat sangat bagus untuk keshatn,,

    BalasHapus
  7. jelly gamat bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk asma

    BalasHapus
  8. ternyata ada Perbedaan Asam Urat dan Rematik ...
    makasih bangett infonya ..

    BalasHapus
  9. Jelly gamat banyakkk manfaatnya ,,, sipt dch ,,,

    BalasHapus
  10. thanks buat infonya ,,,
    ssangat bermanfaat sekali ...

    BalasHapus
  11. Jelly gamat berbaan herbal yang alami dan nyata multikhasiatnya ...

    BalasHapus
  12. Perbedaan Asam Urat dan Rematik diatas semakin menambah pengetahuan ,,,
    thans buat artikelnya ,,,

    BalasHapus
  13. Artikelnya menarik sekali ,,,
    makasihnya ,,,

    BalasHapus
  14. Memang yang terbaik yah pasti yang berbahan alami ..
    good banget jelly gamat ,,,

    BalasHapus
  15. Yang alami tentu tidak ada epek samping ,,,,,,,

    BalasHapus
  16. kirain sama gan asam urat sama rematik itu,, ternyata beda ya,,,

    by : Gamat Gold | Cara menjadi agen xamthone

    BalasHapus