Selasa, 08 November 2011

Mengenal Penyakit Darah Tinggi

Sebagian dari masyarakat telah mengenal penyakit darah tinggi, apalagi masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan. Penyakit darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyabab berbagai macam penyakit lain, seperti penyakit stroke, serangan jantung, maupun gagal ginjal. Untuk itu, melakukan pencegahan maupun pengobatan sangatlah diperlukan sedini mungkin karena akibat terburuk dari tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kematian.

Mengenal Penyakit Darah Tinggi :

Penyakit darah tinggi atau Hipertensi (Hypertension) adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya.

Nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG. Dalam aktivitas sehari-hari, tekanan darah normalnya adalah dengan nilai angka kisaran stabil. Tetapi secara umum, angka pemeriksaan tekanan darah menurun saat tidur dan meningkat diwaktu beraktifitas atau berolahraga.

Penyebab Penyakit Darah Tinggi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Ada faktor penyebab tekanan darah tinggi yang tidak dapat Anda kendalikan. Ada juga yang dapat Anda kendalikan sehingga bisa mengatasi penyakit darah tinggi. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  • Keturunan
    Faktor ini tidak bisa Anda kendalikan. Jika seseorang memiliki orang-tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.
  • Usia
    Faktor ini tidak bisa Anda kendalikan. Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.
  • Garam
    Faktor ini bisa Anda kendalikan. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.
  • Kolesterol
    Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kandungan lemak yang berlebih dalam darah Anda, dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin.
  • Obesitas / Kegemukan
    Faktor ini bisa Anda kendalikan. Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi.
  • Stres
    Faktor ini bisa Anda kendalikan. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.
  • Rokok
    Faktor ini bisa Anda kendalikan. Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.
  • Kafein
    Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kafein yang terdapat pada kopi, teh maupun minuman cola bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.
  • Alkohol
    Faktor ini bisa Anda kendalikan. Konsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Kurang Olahraga
    Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kurang olahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda namun jangan melakukan olahraga yang berat jika Anda menderita tekanan darah tinggi.

Penanganan dan Pengobatan Penyakit Darah Tinggi

Bila penanganan masalah penyakit darah tinggi tidak dilakukan dengan pengobatan serta pengontrolan yang tepat maupun rutin, maka hal ini akan membawa penderita penyakit darah tinggi mengalami kasus serius bahkan dapat menyebabkan kematian. Seseorang yang mengidap penyakit darah tinggi sebaiknya mengontrol diri dalam mengkonsumsi asin-asinan garam serta memperbanyak makan sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk.

Penyakit tekanan darah tinggi bukan penyakit yang tidak dapat dihilangkan, dengan penanganan dan pengobatan penyakit darah tinggi yang tepat anda bisa terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi.

Untuk alternatif pengobatan penyakit tekanan darah tinggi bisa dengan obat darah tinggi tradisional maupun obat alami darah tinggi Jelly gamat gold g yang terbuat dari ekstrak teripang laut yang mampu melembutkan dan melebarkan pembuluh darah dan menjaga elastisitas pembuluh darah serta mengurangi kekentalan darah. Kandungan Glucosaminoglycans yang terkandung dalam gold-g juga mencegah penggumpalan darah sehingga mengurangi tekanan darah. Untuk pemesanannya, klik cara pemesanan jelly gamat gold g

Dengan mengenal penyakit darah tinggi sedari dini, kita dapat melakukan pencegahan dan pengobatan secara tepat. Semoga artikel ini bermanfaat.

13 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya saya rasa artikel anda cukup bermanfaat.

    BalasHapus
  2. penyakit darah tinggi sangat berbahaya,bagi kehatan,,maka hrus segera tngani dengan obat jelly gamat,krna obat ini pling ccok untuk segala pnyakit,

    BalasHapus
  3. Darah tinggi ohhh nooo...
    jelli gamat tandingan nya ...

    BalasHapus
  4. Cegah penyakit darah tinggi sejak dini ,,,
    mulai dari diri kita ,,,dan untuk orng disekeliling anda ...

    BalasHapus
  5. dahar tinggi atasi ajja dengan jelly gamat ..

    BalasHapus
  6. Anda menderita darah tinggi ,,
    mulai dari sekanrang lakukan perubahan yang baik buat diri anda ,, ok .

    BalasHapus
  7. Darah tinggi jangan disepelkan nanti malah jadi berabe ...

    BalasHapus
  8. Darah tinggi bertambah parah kalau tidak seger diobati ..
    segera atasi darah tinggi anda ..
    jelly gamat bisa menjadi obat anda ...

    BalasHapus
  9. Cepat atasi segera penyakit anda jang menyepelekan penyakit anda itu ,, seger atasi dengan jelly gamat ...

    BalasHapus